Senin, 01 Januari 2018

Laporan Pratikum Pemrograman Komputer "Visual Basic"



DIV EC
LAPORAN PRATIKUM
PEMROGRAMAN KOMPUTER


No. Praktikum                 :  02
Judul Percobaan             :  Visual Basic
Nama Praktikan              :  Viviean Anneesa        
No. BP                              :  1611011004
Kelas                                 :  2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing         :  1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
                                             2. Nadia Alfitri, ST.,MT

10429230_675386459227116_5732444395844609453_n






JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI DIV  TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
POLITEKNIK NEGERI PADANG
2017


LEMBAR PENGESAHAN


No. Praktikum                               :  01
Judul Percobaan                            :  Visual Basic
Nama Praktikan                            :  Viviean Anneesa
No. BP                                          :  1611011004
Kelas                                             :  2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing                       :  1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
   2. Nadia Alfitri, ST.,MT
Tanggal Praktikum                        :  05 September 2017
Tanggal Penyerahan                      :  12 September 2017
Nilai                                              :














KATA PENGANTAR

Alhamdulilah penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik. Adapun judul laporan ini adalahVisual Basic
      Laporan ini merupakan hasil tertulis dari praktek Labor Pemrograman komputer yang penulis ikuti dalam kuliah Pratek dasar pemograman. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada  Ibu NADIA ALFITRI, ST.,MTdan IbuROZA SUSANTI, S.S.T.,M.KOMselaku dosen pembimbing, yang telah memberikan petunjuk dan pengarahan kepada penulis dalam praktek ini, serta kepada semua teman – teman yang telah memberikan bantuan dan motivasi kepada penulis sehinga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
      Dalam pembuatan laporan ini penulis menyadari bahwa penulisan dan penyusunan laporan ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun, guna penyempurnaan pembuatan laporan yang akan datang.
      Akhirnya, penulis berharap agar laporan ini berguna dan bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.


                                                                                              Padang, 11 September 2017



                                                                                                      Viviean Anneesa



DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan....................................................................................................... i
Kata Pengantar............................................................................................................. ii     
Daftar Isi..................................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan....................................................................................................... 1
1.1  Tujuan............................................................................................................. 1
1.2  Teori Pendukung............................................................................................. 1
Bab II Proses Praktikum.............................................................................................. 7
2.1  Praktikum........................................................................................................ 7
2.2  Langkah Kerja................................................................................................ 7
2.3  Hasil Praktikum.............................................................................................. 8
Bab III Analisa Data.................................................................................................... 9
Bab IV Penutup......................................................................................................... 10
4.1  Kesimpulan................................................................................................... 10
4.2  Saran............................................................................................................. 10
Daftar Pustaka............................................................................................................ 11
Lampiran







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Tujuan
Dalam percobaan ini diharapkan agar praktikan dapat mengerti bagaimana membuat sebuah program menggunakan Microsoft Visual Basic dan mengaplikasikanya dalam praktikum elektronika.

1.2  Teori Pendukung

Visual Basic adalah salah suatu development tools untuk  membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk  merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer dalam pengembangan aplikasi skala kecil sampai ke skala besar.
Dalam lingkungan Window's User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi  yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User- interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian- kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan  Bottom Up.
IDE Visual Basic
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic yang merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien.
Menjalankan IDE
Salah satu cara untuk mengaktifkan IDE Visual Basic adalah menjalankannya dari Menu Start, pilih menu Command, dan pilih Microsoft Visual Basic 6.0 dan akhirnya Microsoft Visual Basic 6.0. 

Gambar 1-1. Mengaktifkan IDE Visual Basic 6.0
Catatan : Seperti aplikasi Windows umumnya, anda dapat juga mengaktifkan IDE Visual Basic dengan melakukan open terhadap file yang berkaitan dengan Visual Basic, misalnya file *.vbp yang merupakan file project dari Visual Basic.
Memilih jenis Project
Sesaat anda aktif di IDE Visual Basic, maka anda akan dihadapkan kepada suatu pilihan terhadap jenis Project yang ingin anda buat sebagaimana yang ditunjukan oleh Gambar 1-2.
Sebagai langkah awal dari proses belajar adalah memilih project Standard EXE. 




Gambar 1-2. Dialog box New Project ditampilkan sesaat anda menjalankan IDE Visual Basic 6. 
Jendela IDE
IDE Visual Basic 6 menggunakan model MDI (Multiple Document Interface). Berikut ini adalah gambar yang menunjukan bagian-bagian dan nama-nama jendela yang dapat tampil pada IDE Visual Basic. Mungkin pada IDE anda hanya ditampilkan sebagianjendela dibandingkan dengan Gambar 1-3 anda tidak perlu terkejut, karena penampilan dari jendela-jendela tersebut dapat diatur dengan perintah pada menu View.
Sebagai langkah awal dari proses belajar, tidak semua jendela akan kita gunakan, tetapi hanya beberapa yang penting, sedangkan yang lainnya bersifat khusus. 











Gambar 1-3. IDE Visual Basic dengan jendela-jendela yang terbuka. 
Sebagaimana dengan proses belajar ini, kita akan fokus pada beberapa jendela yang penting terlebih dahulu sehingga konsentrasi tidak menjadi pecah, dan peserta belajar menjadi bingung. Adapun jendela-jendela yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut :
• Menu Bar, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll 
• Main Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat. 
• Jendela Project, jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi anda. Anda dapat menggunakan icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut secara di group atau berurut berdasarkan nama. Anda dapat menggunakan Ctrl+R untuk menampilkan jendela project, ataupun menggunakan icon Project Explorer. 
• Jendela Form Designer, jendela ini merupakan tempat anda untuk merancang user interface dari aplikasi anda. Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis. 
• Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan user interface. 
• Jendela Code, merupakan tempat bagi anda untuk menulis koding. Anda dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7. 
• Jendela Properties, merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya anda dapat mengubah warna tulisan (foreground) dan warna latarbelakang (background). Anda dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti. 
• Jendela Color Palette, adalah fasilitas cepat untuk mengubah warna suatu object. 
• Jendela Form Layout, akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime. 
Jika jendela-jendela tersebut tidak ada, anda dapat memunculkannya dengan Menu View dan pilih :
  Project Explorer (Ctrl+R)
  Properties Windows (F4) 
  Form Layout Windows 
  Property Pages (Shift+F4) 
  Toolbox 
  Color Pallete 
• Toolbars

Toolbox
Jendela Toolbox merupakan jendela yang sangat penting bagi anda. Dari jendela ini anda dapat mengambil komponen-komponen (object) yang akan ditanamkan pada form untuk membentuk user interface.
Adapun secara garis besar fungsi dari masing-masing intrinsic kontrol tersebut adalah sebagai berikut : 
• Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form. 
• PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG. 
• Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai. 
• TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. 
• Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. 
• CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
• CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.  
• OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu. 
• ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect). 
• ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan. 
• HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri. 
• Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual. 
• DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file. 
• Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval. 
• Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox 
• Data digunakan untuk  data binding  • OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll. 


BAB II
PROSES PRAKTIKUM

2.1  Praktikum.
      Membuat KTP dengan menggunakan visual basic..

2.2 Langkah Kerja
1)      Buka software aplikasi Microsoft Visual Basic
2)      Buat project dan form baru.
3)      Kemudian buatlah program yang diinginkan menggunakan label, commman button, image dan lain-lain.
4)      Kemudian lakukan uji coba dengan menekan tombolstart, dari program yang telah dibuat.


















2.3  Hasil Praktikum

KTP



BAB III
ANALISA DATA

Pada Praktikum kali ini yaitu pemrograman berorientasi Object yang mana aplikasi program terseb dapat diaplikasikan langsung dengan membuat object langsung dengan menggunakan tool-tool yang ada pada software. Visual basic merupakan salah satu OOP( Oriented Object Programing) yang digunakan saat praktikum kali  ini. Praktikum kali ini yaitu membuat KTP dengan menggunakan visual basic. Pada pratikum kali ini pembutan KTP menggunakan visual basic, penulis membuatnya dengan menggunakan beberapa macam dari tool-tool yang ada pada tampilan software visual basic. Pada kali ini penulis menggunakan tool Label sebagai pembuatan data entri KTP, kemudian picture box pada bagian gambar nya. Tidak lupa pula penulis membuat bebrapa efek dari pembuatan KTP tersebut sehingga membuat ada kemiripan sedikit seperti dengan KTP asli pada umumnya. Menurut penulis, penggunaan software visual basic pada proses pratikum kali ini cukup mudah untuk bagian dasar permulaan pembuatan KTP ini karena tidak memerlukan program didalamnya selama proses pembuatannya karena telah diwakili oleh tool-tool pada tampilannya. Kemudian dilengkapi juga dengan adanya tool-tool pada tampilannya membuat penulis lebih mudah untuk mengoperasikan software visual basic tersebut. Walaupun ada kerepotan tersendiri dalam pengisian Label pada visual basic, yaitu penulis harus mengisi data pada label melalui data form karena pada visual basic ini sendiri tidak dapat langsung memasukkan data pada label yang ditampilkan. Akan tetapi, hal tersebut tidak begitu menjadi kendala dalam pembuatan format KTP. Alhasi penulis dapat menyelesaikan pembuatan format KTP dengan baik.







BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
1.      Visual basic merupakan software berbasis windows yang digunakan untuk membuat program yang dapat di aplikasikan langsung kedalam modul.
2.      Visual basic membuat program dengna menggunakan tool-tool yang sangat berguna bagi interface program yang digunakan.
3.      Untuk mengedit text program digunakan yaitu .text untuk font yaitu .font
4.      Untuk memunculkan teks pada label tampilan digunakan pengeditan pada form.

4.2  Saran
Diharapkan bagi seluruh praktikan untuk dapat mengikuti praktikum dengan sebaik-baiknya. Dan melakukan perintah sesuai dengan yang diperintahkan dosen. Gunakan peralatan praktikum dengan baik.











DAFTAR PUSTAKA


Hendra, Dasar pemrograman visual basic
Permana, Budi . Dasar-Dasar Pemrograman Visual Basic 2010.  Ilmu computer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar