DIV
EC
|
LAPORAN PRATIKUM
PEMROGRAMAN
KOMPUTER
|
No. Praktikum : 03
Judul Percobaan : Kalkulator Sederhana
Nama Praktikan :
Viviean Anneesa
No. BP : 1611011004
Kelas : 2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing :
1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
2. Nadia Alfitri, ST.,MT
JURUSAN TEKNIK
ELEKTRO
PROGRAM STUDI
DIV TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
POLITEKNIK
NEGERI PADANG
2017
LEMBAR PENGESAHAN
No.
Praktikum : 03
Judul
Percobaan : Kalkulator Sederhana
Nama
Praktikan : Viviean
Anneesa
No.
BP : 1611011004
Kelas : 2 DIV Elektronika Industri
Dosen
Pembimbing : 1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
2.
Nadia Alfitri, ST.,MT
Tanggal
Praktikum : 12 September 2017
Tanggal
Penyerahan : 19 September 2017
Nilai :
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan Laporan praktikum Dasar Pemrograman memenuhi tugas
dalam menempuh pendidikan Politeknik Negeri Padang.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pembuatan
laporan praktikum ini Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran
yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan
praktikum ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.
Demikian
laporan praktikum ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar-
besarnya.
Padang, 19 September 2017
Penulis
Viviean Anneesa
1611011004
|
DAFTAR ISI
Lembar
Pengesahan....................................................................................................... i
Kata
Pengantar............................................................................................................. ii
Daftar
Isi..................................................................................................................... iii
Bab
I Pendahuluan....................................................................................................... 1
1.1 Tujuan............................................................................................................. 1
1.2 Teori
Pendukung............................................................................................. 1
Bab
II Proses Praktikum.............................................................................................. 3
2.1 Praktikum........................................................................................................ 3
2.2 Langkah
Kerja................................................................................................ 3
2.3 Hasil
Praktikum.............................................................................................. 5
Bab
III Analisa Data.................................................................................................... 7
Bab
IV Penutup........................................................................................................... 9
4.1 Kesimpulan..................................................................................................... 9
4.2 Saran............................................................................................................... 9
Daftar
Pustaka............................................................................................................ 10
Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Tujuan
Dalam percobaan ini
diharapkan agar praktikan dapat mengerti bagaimana membuat sebuah program
menggunakan Microsoft Visual Basic dan mengaplikasikanya dalam praktikum elektronika.
1.2
Teori
Pendukung
Visual Basic adalah perangkat lunak untuk
menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi Windows.
Dengan Visual Basic kita dapat menggunakan kemampuan Windows secara optimal.
Dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh Visual Basic kita akan merasakan begitu
mudahnya menyusun program aplikasi dengan tampilan grafis yang menawan dalam
waktu yang relative singkat. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic
menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk
form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung
mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para
pemula maupun para developer.
Dalam lingkungan Window's User-interface
sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang
kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa
menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang
mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi
dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur
properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru
dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian
(event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan
aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal
IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic yang merupakan
Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan
aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface,
melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program
menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu
programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan
efisien.
BAB
II
PROSES PRAKTIKUM
2.1
Praktikum.
1)
Membuat
program kalkulator sederhana pada Microsoft Viual Basic.
2.2
Langkah Kerja
Langkah-langkah
pembuatan program pada Visual Basic adalah sbb :
Ø Jalankan program Visual Basic dengan meng-klik
Start dari tampilan menu dan arahkan
pointer ke Program, geser ke Visual
Studio 6.0, kemudian geser dan klik ganda pada Micosoft Visual Basic 6.0, maka akan tampil tampilan sbb :
Ø Klik Open untuk membuat program standar EXE,
maka kita akan masuk pada lingkungan IDE
(Integrated Development Environment) Visual Basic yang merupakan
lingkungan menyenangkan tempat kita bekerja menghasilkan program aplikasi,
seperti terlihat pada gambar berikut :
Ø Ubah ukuran form dengan cara drag dan drop
tiga titik di sisi form sebelah kanan, sebelah bawah dan sebelah kanan bawah.
Buat setiap icon dengan menggunakan Label atau
Textboxt dan CommonButton sesuai yang akan digunakan dalam praktikum.
2.3 Hasil Praktikum
BAB III
ANALISA DATA
Pada praktikum kali
ini yaitu membuat kalkulator sederhana menggunakan software visual basic.
Praktikan membuat program kalkulator dengan bentuk yang sederhana. Interface
yang praktikan buat dalam software visual basic tersebut yaitu menggunakan
beberapa command button , 2 textbox, 1 untuk input angka dan 1 lagi untuk
display operasi aritmatika dan hasilnya ,seperti gambar berikut:
Pada gambar tersebut kalkulator yang praktikan
buat memiliki beberapa tombol operasi aritmatika yang terdiri dari ; +(Tambah),
-(Kurang), x(kali), /(bagi), c(Clear) dan exit(kaluar). Lalu pada input menggunakan textbox2 dan
texbox 1 untuk tampilan hasil dan operasi. Untuk membuat tusilasn pada
kalkulator praktikan menggunakan tool label. Kalkulator sederhana ini data
angka yang akan dilakukan operasi di inputkan pada textbox 2 dan angka tersebut
akan tampilandisplay atau textbox2. Program yang digunakan pada salah satu
command button yaitu :
Private Sub Command1_Click()
bil1 = Text1.Text
bil2 = Text2.Text
hasil = bil1 + bil2
Text3.Text = hasil
End Sub
Jika
data diinputkan pada textbox 2 lalu user menekan button missal “ + “ maka data
pada textbox 2 akan disimpan pada bil, bil merupakan variable dim yang mana
akan menyediakan sebuah dimensi pada memori untuk menyimpan data. Lalu data
angka tersebut akan ditampilkan ke textbox 1 dari data bil yang diubah menjadi
string agar dapat tampil sebagai karakter pada display dengan menggunakan
bil.ToString. Setelah bil.to string terdapat + “ + “ ini berfungsi untuk
menambahkan kata berupa string yaitu “ + ”. lalu untuk menginputkan data kedua
diinputkan kembali pada textbox 2 dan mengeksekusi data dengan menekan tombol
=. Program pada button =. Data akan tampil pada textbox 1 dengan menampilkan
hasil pada operasi aritmatika yang ditekan.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1.
Public merupakan suatu tempat
penyimpanan variable layaknya dim tetaapi dapat digunakan untuk semua tempat bukan hanya form tersebut tetapi dapt
digunakan pada class , modul dan lain-lain
2.
Tipe data yang
digunakan pada visual basic yaitu : integer, double, string dan lain-lain
3. Untuk
mengedit text program digunakan yaitu .text untuk font yaitu .font
4. Dim
merupakan suatu tempat penyimpanan yang disediakan oleh memori untuk data.
.
4.2 Saran
Diharapkan bagi seluruh praktikan
untuk dapat mengikuti praktikum dengan sebaik-baiknya. Dan melakukan perintah
sesuai dengan yang diperintahkan dosen. Gunakan peralatan praktikum dengan
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Permana,
Budi . Dasar-Dasar Pemrograman Visual Basic 2010. Ilmu computer.com
Elektronika-dasar-Dasarpemrograman.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar