DIV
EC
|
LAPORAN PRATIKUM
PEMROGRAMAN
KOMPUTER
|
No. Praktikum : 04
Judul Percobaan : Kalkulator Sederhana dengan Visual
Basic
Nama Praktikan :
Viviean Anneesa
No. BP : 1611011004
Kelas : 2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing :
1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
2. Nadia Alfitri, ST.,MT
JURUSAN TEKNIK
ELEKTRO
PROGRAM STUDI
DIV TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
POLITEKNIK
NEGERI PADANG
2017
LEMBAR PENGESAHAN
No.
Praktikum : 04
Judul
Percobaan : Kalkulator Sederhana
dengan Visual Basic
Nama
Praktikan : Viviean
Anneesa
No.
BP : 1611011004
Kelas : 2 DIV Elektronika Industri
Dosen
Pembimbing : 1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
2.
Nadia Alfitri, ST.,MT
Tanggal
Praktikum : 19 September 2017
Tanggal
Penyerahan : 26 September 2017
Nilai :
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan Laporan praktikum Dasar Pemrograman memenuhi tugas
dalam menempuh pendidikan Politeknik Negeri Padang dengan judul “Kalkulator
Sederhana dengan Visual Basic”. Ucapan terimakasih kepada Ibu Roza
Susanti, S.S.T.,M.KOM dan Ibu Nadia Alfitri, ST., MT selaku dosen pembimbing
mata kuliah Dasar Pemrograman.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pembuatan
laporan praktikum ini Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran
yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan
praktikum ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.
Demikian
laporan praktikum ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar-
besarnya.
Padang, 25 September 2017
Penulis
Viviean Anneesa
1611011004
|
DAFTAR ISI
Lembar
Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar
Isi
Bab
I Pendahuluan
1.1 Tujuan
1.2 Teori
Pendukung
2.1 Praktikum
2.2 Langkah
Kerja
2.3 Hasil
Praktikum
Bab
III Analisa Data
Bab
IV Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
Daftar
Pustaka
Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Tujuan
Dalam percobaan ini
diharapkan agar praktikan dapat mengerti bagaimana membuat sebuah program
menggunakan Microsoft Visual Basic dan mengaplikasikanya dalam praktikum
elektronika.
1.2
Teori
Pendukung
Visual Basic adalah perangkat lunak untuk
menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi Windows.
Dengan Visual Basic kita dapat menggunakan kemampuan Windows secara optimal.
Dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh Visual Basic kita akan merasakan begitu
mudahnya menyusun program aplikasi dengan tampilan grafis yang menawan dalam
waktu yang relative singkat. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic
menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk
form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung
mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para
pemula maupun para developer.
Dalam lingkungan Window's User-interface
sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang
kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa
menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang
mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi
dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur
properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru
dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian
(event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan
aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal
IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic yang merupakan
Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan
aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface,
melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program
menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu
programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan
efisien.
BAB
II
PROSES PRAKTIKUM
2.1
Praktikum.
1)
Membuat
program kalkulator sederhana dengan Microsoft Viual
Basic.
2.2
Langkah Kerja
Langkah-langkah
pembuatan program pada Visual Basic adalah sbb :
Ø Jalankan program Visual Basic dengan meng-klik
Start dari tampilan menu dan arahkan
pointer ke Program, geser ke Visual
Studio 6.0, kemudian geser dan klik ganda pada Micosoft Visual Basic 6.0, maka akan tampil tampilan sbb :
Ø Klik Open untuk membuat program standar EXE,
maka kita akan masuk pada lingkungan IDE
(Integrated Development Environment) Visual Basic yang merupakan
lingkungan menyenangkan tempat kita bekerja menghasilkan program aplikasi,
seperti terlihat pada gambar berikut :
Ø Ubah ukuran form dengan cara drag dan drop
tiga titik di sisi form sebelah kanan, sebelah bawah dan sebelah kanan bawah.
Buat setiap icon dengan menggunakan Label atau
Textboxt dan CommonButton sesuai yang akan digunakan dalam praktikum.
2.3 Hasil Praktikum
Flowchart
BAB III
ANALISA DATA
Pada praktikum kali
ini yaitu membuat kalkulator sederhana menggunakan software visual basic.
Praktikan membuat program kalkulator dengan bentuk yang sederhana. Interface
yang praktikan buat dalam software visual basic tersebut yaitu menggunakan
beberapa command button , 2 textbox, 1 untuk input angka dan 1 lagi untuk
display operasi aritmatika dan hasilnya ,seperti gambar berikut:
Dim Tampil1#
Dim Tampil2#
Dim Tombol1#
Dim Tombol2#
Dim Hasil#
Dim Persamaan#
Dim Last_Text#
Private Sub clear_Click()
Tampil1 = 0
Tampil2 = 0
Text1.Text = Tampil1
Text1.Text = Tampil2
End Sub
Private Sub keluar_Click()
End
End Sub
Private Sub satu_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 1
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub dua_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 2
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub tiga_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 3
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub empat_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 4
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub lima_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 5
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub enam_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 6
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub tujuh_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 7
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub delapan_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 8
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub sembilan_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 9
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub nol_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 0
Text1.Text = Tampil1
End Sub
Private Sub tambah_Click()
Persamaan = 1
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub kurang_Click()
Persamaan = 2
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub kali_Click()
Persamaan = 3
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub bagi_Click()
Persamaan = 4
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub sinus_Click()
Persamaan = 5
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub tangen_Click()
Persamaan = 6
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub cosinus_Click()
Persamaan = 7
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub pangkat_Click()
Persamaan = 8
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub akar_Click()
Persamaan = 9
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub persen_Click()
Persamaan = 10
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub phi_Click()
Persamaan = 11
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub log_Click()
Persamaan = 12
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub
Private Sub samadengan_Click()
If Persamaan = 1 Then: Hasil = Tampil1 + Tampil2
If Persamaan = 2 Then: Hasil = Tampil2 - Tampil1
If Persamaan = 3 Then: Hasil = Tampil2 * Tampil1
If Persamaan = 4 Then: Hasil = Tampil2 / Tampil1
If Persamaan = 5 Then: Hasil = Math.Sin(Tampil1)
If Persamaan = 6 Then: Hasil = Math.Tan(Tampil1)
If Persamaan = 7 Then: Hasil = Math.Cos(Tampil1)
If Persamaan = 8 Then: Hasil = Tampil2 ^ Tampil1
If Persamaan = 9 Then: Hasil = Math.Sqr(Tampil1)
If Persamaan = 10 Then: Hasil = (Tampil1 / 100)
If Persamaan = 11 Then: Hasil = 3.14 * (Tampil2)
If Persamaan = 12 Then: Hasil = Math.log(Tampil1)
Text1.Text = Hasil
End Sub
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1.
Public merupakan suatu
tempat penyimpanan variable layaknya dim tetaapi dapat digunakan untuk
semua tempat bukan hanya form tersebut
tetapi dapt digunakan pada class , modul dan lain-lain
2.
Tipe data yang
digunakan pada visual basic yaitu : integer, double, string dan lain-lain
3. Untuk
mengedit text program digunakan yaitu .text untuk font yaitu .font
4. Dim
merupakan suatu tempat penyimpanan yang disediakan oleh memori untuk data.
5. Dapat dilakukan operasi math untuk melakukan operasi pada
program tersebut.
6. Penggunaan fungsi if pada program dapat dilakukan di
microsoft visual basic.
.
4.2 Saran
Diharapkan bagi seluruh praktikan
untuk dapat mengikuti praktikum dengan sebaik-baiknya. Dan melakukan perintah
sesuai dengan yang diperintahkan dosen. Gunakan peralatan praktikum dengan
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Permana,
Budi . Dasar-Dasar Pemrograman Visual Basic 2010. Ilmu computer.com
Elektronika-dasar-Dasarpemrograman.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar