Senin, 01 Januari 2018

Laporan Pratikum Pemrograman Komputer "Kalkulator Sederhana dengan Visual Basic"



DIV EC
LAPORAN PRATIKUM
PEMROGRAMAN KOMPUTER


No. Praktikum                 :  04
Judul Percobaan             :  Kalkulator Sederhana dengan Visual Basic
Nama Praktikan              :  Viviean Anneesa        
No. BP                              :  1611011004
Kelas                                 :  2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing         :  1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
                                             2. Nadia Alfitri, ST.,MT

10429230_675386459227116_5732444395844609453_n






JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI DIV  TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
POLITEKNIK NEGERI PADANG
2017

LEMBAR PENGESAHAN


No. Praktikum                               :  04
Judul Percobaan                            :  Kalkulator  Sederhana dengan Visual Basic
Nama Praktikan                            :  Viviean Anneesa
No. BP                                          :  1611011004
Kelas                                             :  2 DIV Elektronika Industri
Dosen Pembimbing                       :  1. Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM
   2. Nadia Alfitri, ST.,MT
Tanggal Praktikum                        :  19 September 2017
Tanggal Penyerahan                      :  26 September 2017
Nilai                                              :














KATA PENGANTAR


Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan praktikum Dasar Pemrograman memenuhi tugas dalam menempuh pendidikan Politeknik Negeri Padang dengan judul “Kalkulator Sederhana dengan Visual Basic”. Ucapan terimakasih kepada Ibu Roza Susanti, S.S.T.,M.KOM dan Ibu Nadia Alfitri, ST., MT selaku dosen pembimbing mata kuliah Dasar Pemrograman.
                                                                                                        
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pembuatan laporan praktikum ini Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan praktikum ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.

Demikian laporan praktikum ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar- besarnya.

Padang,  25 September 2017
Penulis



Viviean Anneesa
1611011004














DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1.1  Tujuan
1.2  Teori Pendukung
Bab II Proses Praktikum
2.1  Praktikum
2.2  Langkah Kerja
2.3  Hasil Praktikum
Bab III Analisa Data
Bab IV Penutup
4.1  Kesimpulan
4.2  Saran
Daftar Pustaka
Lampiran





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Tujuan
Dalam percobaan ini diharapkan agar praktikan dapat mengerti bagaimana membuat sebuah program menggunakan Microsoft Visual Basic dan mengaplikasikanya dalam praktikum elektronika.

1.2  Teori Pendukung

            Visual Basic adalah perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi Windows. Dengan Visual Basic kita dapat menggunakan kemampuan Windows secara optimal. Dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh Visual Basic kita akan merasakan begitu mudahnya menyusun program aplikasi dengan tampilan grafis yang menawan dalam waktu yang relative singkat. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk  merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer.
Dalam lingkungan Window's User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi  yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan  Bottom Up.
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic yang merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien.

















BAB II
PROSES PRAKTIKUM

2.1 Praktikum.
1)      Membuat program kalkulator sederhana dengan Microsoft Viual Basic.
           

2.2 Langkah Kerja
            Langkah-langkah pembuatan program pada Visual Basic adalah sbb :

Ø Jalankan program Visual Basic dengan meng-klik Start dari tampilan menu dan arahkan pointer ke Program, geser ke Visual Studio 6.0, kemudian geser dan klik ganda pada Micosoft Visual Basic 6.0, maka akan tampil tampilan sbb :
Ø Klik Open untuk membuat program standar EXE, maka kita akan masuk pada lingkungan IDE  (Integrated Development Environment) Visual Basic yang merupakan lingkungan menyenangkan tempat kita bekerja menghasilkan program aplikasi, seperti terlihat pada gambar berikut :
Ø Ubah ukuran form dengan cara drag dan drop tiga titik di sisi form sebelah kanan, sebelah bawah dan sebelah kanan bawah.
Buat setiap icon dengan menggunakan Label atau Textboxt dan CommonButton sesuai yang akan digunakan dalam praktikum.
















2.3  Hasil Praktikum
Flowchart

  

 



BAB III
ANALISA DATA

                Pada praktikum kali ini yaitu membuat kalkulator sederhana menggunakan software visual basic. Praktikan membuat program kalkulator dengan bentuk yang sederhana. Interface yang praktikan buat dalam software visual basic tersebut yaitu menggunakan beberapa command button , 2 textbox, 1 untuk input angka dan 1 lagi untuk display operasi aritmatika dan hasilnya ,seperti gambar berikut:






Dim Tampil1#
Dim Tampil2#
Dim Tombol1#
Dim Tombol2#
Dim Hasil#
Dim Persamaan#
Dim Last_Text#

Private Sub clear_Click()
Tampil1 = 0
Tampil2 = 0
Text1.Text = Tampil1
Text1.Text = Tampil2
End Sub

Private Sub keluar_Click()
End
End Sub

Private Sub satu_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 1
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub dua_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 2
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub tiga_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 3
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub empat_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 4
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub lima_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 5
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub enam_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 6
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub tujuh_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 7
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub delapan_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 8
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub sembilan_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 9
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub nol_Click()
Tampil1 = (Tampil1 * 10) + 0
Text1.Text = Tampil1
End Sub

Private Sub tambah_Click()
Persamaan = 1
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub kurang_Click()
Persamaan = 2
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub kali_Click()
Persamaan = 3
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub bagi_Click()
Persamaan = 4
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub sinus_Click()
Persamaan = 5
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub tangen_Click()
Persamaan = 6
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub cosinus_Click()
Persamaan = 7
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub pangkat_Click()
Persamaan = 8
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub akar_Click()
Persamaan = 9
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub persen_Click()
Persamaan = 10
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub phi_Click()
Persamaan = 11
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub log_Click()
Persamaan = 12
Tampil2 = Tampil1
Tampil1 = 0
End Sub

Private Sub samadengan_Click()
If Persamaan = 1 Then: Hasil = Tampil1 + Tampil2
If Persamaan = 2 Then: Hasil = Tampil2 - Tampil1
If Persamaan = 3 Then: Hasil = Tampil2 * Tampil1
If Persamaan = 4 Then: Hasil = Tampil2 / Tampil1
If Persamaan = 5 Then: Hasil = Math.Sin(Tampil1)
If Persamaan = 6 Then: Hasil = Math.Tan(Tampil1)
If Persamaan = 7 Then: Hasil = Math.Cos(Tampil1)
If Persamaan = 8 Then: Hasil = Tampil2 ^ Tampil1
If Persamaan = 9 Then: Hasil = Math.Sqr(Tampil1)
If Persamaan = 10 Then: Hasil = (Tampil1 / 100)
If Persamaan = 11 Then: Hasil = 3.14 * (Tampil2)
If Persamaan = 12 Then: Hasil = Math.log(Tampil1)
Text1.Text = Hasil
End Sub










BAB IV
PENUTUP


4.1  Kesimpulan
1.      Public merupakan suatu tempat penyimpanan variable layaknya dim tetaapi dapat digunakan untuk semua  tempat bukan hanya form tersebut tetapi dapt digunakan pada class , modul dan lain-lain
2.      Tipe data yang digunakan pada visual basic yaitu : integer, double, string dan lain-lain
3.      Untuk mengedit text program digunakan yaitu .text untuk font yaitu .font
4.      Dim merupakan suatu tempat penyimpanan yang disediakan oleh memori untuk data.
5.      Dapat dilakukan operasi math untuk melakukan operasi pada program tersebut.
6.      Penggunaan fungsi if pada program dapat dilakukan di microsoft visual basic.
.

4.2  Saran
Diharapkan bagi seluruh praktikan untuk dapat mengikuti praktikum dengan sebaik-baiknya. Dan melakukan perintah sesuai dengan yang diperintahkan dosen. Gunakan peralatan praktikum dengan baik.








DAFTAR PUSTAKA


Permana, Budi . Dasar-Dasar Pemrograman Visual Basic 2010.  Ilmu computer.com
Elektronika-dasar-Dasarpemrograman.com
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar